Bimbingan Teknis Penyusunan dan Penerbitan Artikel Penelitian Tindakan Kelas di Online Journal System Bagi Guru SMPN 1 Taman

Penulis

  • Nurmida Catherine Sitompul Universitas PGRI Adi Buana

Kata Kunci:

penelitian tindakan kelas, publikasi di Journal Online System, Karya Ilmiah, Guru SMP

Abstrak

Abstract

Conducting Classroom Action Research, writing reports and disseminating them in online journal system journals is a scientific activity that requires a certain amount of knowledge regarding research methods, data processing and high logic thinking. This ability must be developed in a continuous professionalism for each teacher, as a form of accountability in dealing with problems that exist in the learning process and the solutions found.  This community service aims to provide technical guidance and assistance in the preparation of articles from research reports that have been owned by teachers and assistance in the publication process in the Online Journal System. The output of this activity is the publication of 2 articles that can be published, namely 1 in the SINTA 5 Indexed National Journal and Google Schoolar indexed National Journal.  Given the activity time during the current semester, it is hoped that these two articles will serve as motivation for other teachers. The number of successes in the publication of this article can be increased if the activities are carried out in a relaxed manner starting from preparing a class action research plan.

Kata Kunci: Classroom action Research, scientific article publication, Online Journal System

 

Abstrak

Melakukan Penelitian Tindakan Kelas, menuliskan laporannya dan diseminasi di jurnal online journal system merupakan aktivitas ilmiah yang memerlukan sejumlah pengetahuan yang menyangkut metode penelitian, penglohan data dan logika berpikir yang tinggi.  Kemampuan tersebut sudah wajah harus kembangkan dalam profesionalisme berkelanjutan bagi setiap guru, sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam menghadapi masalah yang ada dalam proses pembelajaran dan solusi-solusi yang ditemukan.  Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis dan pendampingan dari penyusunan artikel dari laporan penelitian yang telah dimiliki oleh para guru dan pendampingan dalam proses publikasi pada Online Journal System. Luaran dari kegiatan ini adalah terbitnya 2 artikel  yang dapat dipublikasikan, yaitu 1 pada Jurnal Nasional Terindeks SINTA 5 dan Jurnal Nasional terindeks Google Schoolar. Mengingat waktu kegiatan selama semester berjalan, maka dua artikel ini diharapkan menjadi motivasi bagi para guru yang lain. Jumlah keberhasilan dalam publikasi artikel ini dapat ditingkatkan bila kegiatan dilakukan dengan terendana mulai dari penyusunan rencana PTK. 

 Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Karya ilmiah, Online Journal System

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-01